Translate

Senin, 06 Agustus 2012

Usaha dan Cara Pencegahan Penyakit Pada Ternak Puyuh


bp_0Salah satu kunci sukses untuk memperoleh produksi telur dandaging puyuh yang tinggi adalah mampu menjaga ternak puyuh dari serangan penyakit. Penyakit yang menyerang ternak puyuh dapat mengurangi produksi daging dan telur, sampai 100 persen, bahkan dapat menyebabkan kematian.
Menurut perkiraan beberapa peternak dan mengingat unggas ini masih saudara dekat ayam. Maka puyuh dapat terserang penyakit yangumum terdapat pada ayam.. Cuaca lembab, suhu dingin dan angin dapat menyebabkan puyuh terkena gangguan saluran napas, dan stress merupakan gangguan yang umum menyerang puyuh. Sumber-sumber penyebabnya berupa perubahan suhu, kelembaban, angin dan kejutan
Salah satu hal yang wajib dilakukan oleh peternak dalam menangkal serangan penyakit adalah usaha preventif. Usaha pencegahan yang dapat dilakukan yaitu menjaga sanitasi lingkungan kandang.dan mengatasi stress.

a. Menjaga Sanitasi Lingkungan Kandang,
Karakteristik yang palling menonjol dari bibit penyakit adalah menyukai tempat-tempat yang kotor, sehingga jika berkeinginan memerangi bibit penyakit, peternak harus menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dicapai dengan melaksanakan program sanitasi dan disinfeksi kandang secara rutin. Kebersihan kandang harus dijaga setiap saat . alas kandang berupa litter seperti sekam atau sejenisnya harus segera diganti dengan yang baru jika sudah mulai basah dan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk kandang yang tidak menggunakan litter . Caranya, papan bagian dasar yang terletak dibawah ditarik keluar dan dibersihkan. usahakan agar udara segar selalu mengallir melewati koloni kandang . Udara segar ini perlu untuk mengusir keluar gas-gas yang dihasilkan oleh kotoran puyuh Bekas alas kandang dibuang di tempat yang jauh dari kandang.
Sisa-sisa kotoran dan pakan yang tidak terkonsumsi dan berserakan dilantai kandang inti harus selalu dibersihkan setiap hari. Penggunaan disinfektan harus disesuaikan dengan jenis penyakit yang pernah berjangkit di wilayah lokasi kandang. Masa kosong atau istirahat kandang juga perlu diperhatikan karena berfungsi memutus rantai kehidupan bibit penyakit. Sebelum digunakan kembali, kandang yang dalam keadaan kosong harus didesinfeksi dengan disinfektan. Tempat pakan dikeringkan dahulu sebelum diisi pakan.

b. Mengatasi stres,
Salah satu penyakit yang menimbulkan kerugian dari berkurangnya produksi telur puyuh adalah stress. Stress dapat diakibatkan oleh pergantian cuaca yang ekstrem, misalnya pergantian cuaca dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Penyebab lainnya yaitu kejutan dari orang di sekitar lingkungan karena suara gaduh atau suara mobil yang keras dan suara petasan atau ledakan. Selain itu, stress juga dapat dipicu oleh pergantian ransum, air minum yang tercemar, atau kondisi kandang yang tidak layak.
Salah satu cara untuk menghindari stress yakni harus mencari penyebabnya dulu, kemudian dieliminir, penempatan kandang yang jauh dari pemukinan dan membuat sumur sendiri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Stres dapat dibantu dengan obat anti stres untuk unggas seperti pada ayam,yang dapat dibeli di poultry shop.
Usahakan kandang puyuh tidak dapat dimasuki sembarang orang untuk mencegah gangguan karena stress. Kejutan berupa suara, cahaya dan bentuk aneh dapat menyebabkan stress. Pemberian feed supplement baik dilakukan setelah adanya stress, misalnya setelah pindah kandang atau gangguan lain.
Tindakan pencegahan Penyakit merupakan langkah yang bijak untuk menghindari puyuh terjangkit dari penyakit dan tindakan yang paling sederhana dan murah, bila dibandingkan biaya untuk pengobatan suatu penyakit yang belum tentu dapat menyembuhkan secara tepat dan cepat , bahkan akan lebih fatal lagi apabila penyakit tersebut dapat menular ke ternak yang lain dalam kelompoknya. Bila hal ini terjadi maka akan menurunkan produktivitas dan pada akhirnya peternak harus menanggung kerugian yang tidak sedikit dan akan mematikan usaha sendiri.

sumber: http://cybex.deptan.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar